Contoh Surat Pernyataan

By

Dalam usaha mencari atau melamar pekerjaan, selain membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau cv, kita juga terkadang harus melengkapi berkas lamaran dengan sebuah surat pernyataan.

Terkadang ada beberapa instansi atau perusahaan pembuka lowongan kerja yang mengharuskan setiap pelamar untuk menyertakan surat pernyataan bersama dokumen-dokumen pelengkap surat lamaran lainnya.

Karena itu bagi Anda yang sedang dalam proses mencari kerja, selain membutuhkan contoh surat lamaran kerja dan contoh cv, Anda juga pastinya butuh contoh surat pernyataan.

Nah kabar baiknya, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk sekedar mencari contoh surat pernyataan. Di bagian akhir artikel ini sudah kami kumpulkan beberapa contoh surat pernyataan untuk berbagai keperluan yang bisa dijadikan panduan atau referensi jika hendak membuat surat pernyataan.

Namun sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari surat pernyataan itu sendiri? Jika belum, sebaiknya fahami dulu uraian singkat berikut ini mengenai apa itu surat pernyataan.

Apa Itu Surat Pernyataan

Secara sederhana, surat pernyataan adalah surat yang memuat pernyataan seseorang, instantsi, organisasi, ataupun perusahaan tentang kondisi tertentu. Misalnya tentang kesanggupan, menerangkan suatu hal, atau mengenai pengakuan kesalahan. Dengan adanya surat pernyataan ini, nantinya si pembuat memiliki semacam ikatan yang kalau dilanggar bisa saja dituntut melalui jalur hukum.

Contoh yang lebih jelas dari kondisi yang dinyatakan dalam surat pernyataan ini misalnya kesanggupan Anda untuk bersedia ditempatkan di daerah mana saja jika nanti diterima menjadi PNS. Nah jika pernyataan kesanggupan ini nantinya dilanggar, maka status PNS Anda bisa saja dihapus oleh pemerintah.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Tujuan Pembuatan Surat Pernyataan

Setiap surat baik itu surat resmi ataupun tidak resmi, tentunya memiliki tujuan pembuatannya sendiri-sendiri. Mengenai surat pernyataan, tujuan pembuatannya selain sebagai pengikat si pembuat surat, juga bertujuan untuk hal-hal berikut ini:

  1. Sebagai prasyarat agar orang yang membuat bisa melakukan suatu hal. Contohnya agar Anda bisa mengajukan permohonan penerbitan BPKB motor yang baru karena BPKB motor Anda hilang, maka Anda harus terlebih dahulu membuat surat pernyataan kehilangan BPKB.
  2. Sebagai pelengkap dokumen lain. Contoh ketika Anda akan melamar pekerjaan, maka Anda juga terkadang diharuskan untuk membuat surat pernyataan untuk melengkapi surat lamaran Anda.
  3. Sebagai pengingat. Ini maksudnya surat pernyataan yang telah dibuat bisa dijadikan pengingat oleh Anda sendiri ataupun pihak lain yang terkait dalam surat pernyataan itu jika nantinya isi surat pernyataan tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.
  4. Sebagai bukti di hadapan hukum. Jika ternyata pelanggaran terhadap isi surat pernyataan merupakan pelanggaran berat yang tidak lagi bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka bisa saja pihak lain menuntut Anda melalui jalur hukum. Di sini keberadaan fisik surat pernyataan sangat penting untuk menguatkan tuntutan mereka tersebut.

Hal Yang Wajib Ada Dalam Surat Pernyataan

Surat pernyataan harus dibuat dengan kalimat yang padat dan memiliki makna yang jelas serta bisa dimengerti oleh semua orang. Dalam membuatnya, Anda harus memperhatikan elemen-elemen apa saja yang harus termuat di dalam sebuah surat pernyataan.

Berikut ini merupakan hal-hal yang wajib ada di dalam surat pernyataan:

1. Kepala Surat

Kepala surat untuk sebuah surat pernyataan diisi dengan judul dari surat pernyataan itu sendiri. Misalnya untuk bagian kepala surat bisa Anda isi: SURAT PERNYATAAN, atau juga bisa lebih spesifik dengan menuliskan judul surat yang menerangkan kegunaan dari surat pernyataan itu, misalnya: SURAT PERNYATAAN JUAL BELI TANAH.

Kemudian apabila surat pernyataan dibuat oleh organisasi atau instansi atau perusahaan, maka sebelum judul juga diharuskan untuk menyertakan KOP instansi, organisasi, atau perusahaan pembuat surat.

2. Pembuka Surat Pernyataan

Kalimat pembuka untuk surat pernyataan bisa bermacam-macam tergantung selera atau tujuan dari pembuatan surat penyataan tersebut. Yang pasti, bagian pembuka surat pernyataan ini isinya adalah kata pembuka atau kalimat yang berfungsi sebagai pembuka surat.

Contoh kalimat pembuka untuk surat pernyataan: Dengan hormat, Yang menyatakan di bawah ini, Saya yang bertAnda tangan di bawah ini, Sehubungan dengan adanya kebijakan, dan lain-lain.

3. Isi Surat Pernyataan

Bagian ini adalah inti dari sebuah surat pernyataan. Isi surat pernyataan harus dibuat dengan sejelas-jelasnya dan harus bisa difahami oleh semua orang.

Isi surat pernyataan biasanya terdiri dari identitas si pembuat surat beserta point-point pernyataan.

Lalu jika surat pernyataan melibatkan lebih dari satu pihak misalnya pada surat pernyataan jual beli tanah, bagian identitas harus memuat identitas kedua belah pihak yang akan melakukan akad jual beli.

4. Penutup Surat Pernyataan

Bagian penutup surat pernyataan diisi dengan informasi mengenai tempat dan tanggal dibuatnya surat pernyataan tersebut. Selain itu, setelah tempat dan tanggal pembuatan juga harus dimuat nama si pembuat surat, penerima, saksi, dan juga dibubuhkan materai agar surat pernyataan memiliki kekuatan di mata hukum.

Mengenai saksi, biasanya keberadaannya dibutuhkan dan nama-namanya juga harus dinaikkan untuk sebagian jenis surat pernyataan tertentu misalnya pada surat pernyataan jual beli.

Contoh-contoh Surat Pernyataan

Seperti janji kami di awal, berikut ini beberapa contoh format surat pernyataan yang bisa Anda jadikan pedoman tatkala membuat surat pernyataan untuk berbagai keperluan.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Contoh Surat Pernyataan CPNS

Contoh Surat Pernyataan CPNS

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Contoh Surat Pernyataan Diri

Contoh Surat Pernyataan Diri

Contoh Surat Pernyataan Hutang

Contoh Surat Pernyataan Hutang

Contoh Surat Pernyataan Sekolah

Contoh Surat Pernyataan Sekolah

Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris

Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Contoh Surat Pernyataan Cerai

Contoh Surat Pernyataan Cerai

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Contoh Surat Pernyataan Kehilangan

Contoh Surat Pernyataan Kehilangan

Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Cicilan Hutang

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Cicilan Hutang

Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja

Penutup

Untuk kasus-kasus tertentu keberadaan surat pernyataan ini mutlak dibutuhkan. Karena itu, menurut kami, setiap orang sebenarnya harus mengetahui bagaimana cara membuat surat pernyataan yang baik dan benar, yang mana cara termudahnya adalah dengan melihat contoh surat pernyataan yang ada di sini ataupun di situs lain.

Akhirnya semoga artikel ini membantu dan dapat menjadi rujukan bagi Anda sekalian yang akan membuat surat pernyataan.

Leave a Comment