Berbagai Contoh Surat Permohonan Yang Baik

Contoh surat permohonan yang bisa Anda temukan di bagian akhir artikel ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berkaitan dengan tujuan umum surat permohonan yaitu memohon suatu hal.

Anda bisa menggunakan contoh-contoh surat permohanan ini untuk memohon bantuan, permohonan izin, permohonan dana, permohonan kerjasama, permohonan magang, hingga untuk permohonan ma’af.

Namun sebelum melihat contoh surat permohonan, mari simak dulu apa itu surat permohonan agar Anda tidak keliru saat membuatnya nanti.

Apa Itu Surat Permohonan

Surat permohonan adalah surat yang dibuat oleh perseorangan atau instansi untuk memohon suatu hal kepada pihak lain atau instansi lain.

Meskipun permohonan bisa kita sampaikan secara lisan, namun kesan serius, professional dan resmi nya akan lebih terasa jika menggunakan media surat.

Apalagi jika yang dimohonkan adalah sebuah instansi, maka tentu akan sangat lucu dan tidak sopan apabila permohonan hanya disampaikan secara lisan.

Lalu bagaimana cara membuat surat permohonan yang baik dan benar?

Untuk menjawabnya, mari terlebih dulu kita fahami seperti apa kerangka atau format surat permohonan tersebut.

Lihat juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Format Surat Permohonan

Surat permohonan termasuk salah satu jenis surat resmi sehingga dalam membuatnya Anda harus berpedoman atau mengikuti format surat permohonan yang sudah dikenal secara umum.

Selain itu, bahasa yang digunakan dalam surat permohonan juga harus menggunakan bahasa formal sesuai dengan kaidah baku yang mengatur mengenai tata cara penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Berikut ini format atau kerangka umum yang digunakan pada surat permohonan:

1. Kop Surat

Umumnya surat resmi apalagi yang dibuat oleh sebuah instansi akan memiliki kop yang terletak di bagian paling atas kertas surat.

Kop surat ini berfungsi untuk memberi informasi kepada penerima bahwa surat dikirim oleh instansi yang namanya tertera di kop tersebut.

Selain itu keberadaan kop surat juga akan lebih menegaskan keresmian dari sebuah surat sehingga penerima akan lebih serius untuk menanggapi apa yang termuat di dalam surat.

2. Tempat dan Tanggal Surat

Tempat dan tanggal surat berfungsi sebagai informasi mengenai di mana dan kapan surat tersebut dibuat. Untuk penerima, bagian ini cukup penting agar mereka mengetahui apakah surat masih baru atau sudah lama sehingga harus segera ditanggapi.

3. Nomor Surat

Bagian ini berisi nomor surat yang berguna untuk proses pengarsipan oleh penerima.

4. Lampiran

Lampiran pada surat permohonan berisi informasi mengenai jumlah dokumen lain yang disertakan bersama surat permohonan.

5. Perihal

Bagian perihal akan menjelaskan secara singkat kepada penerima mengenai inti pokok yang ada di dalam surat permohonan.

6. Alamat Surat

Bagian alamat surat berisi nama orang atau nama jabatan yang ditujukan sebagai penerima surat.

7. Salam Pembuka

Berfungsi sebagai pembuka surat sebelum masuk ke bagian isi. Salam pembuka surat permohonan ini contohnya “dengan hormat”, “assalamu’alaikum” dan sebagainya.

8. Isi

Bagian isi pada surat permohonan umumnya sama dengan bagian isi pada surat-surat resmi lain. Bagian isi terdiri dari:

Pembuka

Berbeda dengan salam pembuka yang hanya berupa salam penghormatan, pembuka untuk bagian isi biasanya diisi dengan kata-kata yang lebih panjang sebelum pembuat surat menuliskan inti pokok surat yang ingin disampaikan.

Bagian ini biasanya berisi kata atau kalimat do’a dan ungkapan rasa syukur pengirim serta harapannya agar ia dan penerima surat tetap dalam lindungan yang kuasa.

Selain itu, bagian pembuka ini juga biasanya diisi dengan latar belakang masalah yang menjadi dasar bagi si pengirim untuk menyampaikan inti pokok surat.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian

Isi

Di bagian inilah inti pokok atau informasi utama yang terkandung dalam sebuah surat dituliskan. Untuk surat permohonan, maka di bagian inilah pengirim mengutarakan apa yang ia mohonkan kepada penerima.

Penutup

Bagian ini berfungsi untuk menutup atau mengakhiri bagian isi atau mengakhiri surat secara keseluruhan.

Isinya bisa berupa ucapan terima kasih, ataupun pengharapan agar penerima surat segera menindaklanjuti apa yang telah disampain di bagian isi.

9. Nama Terang dan Tanda Tangan Pengirim

Ini adalah bagian terakhir yang menyusun sebuah surat permohonan. Isinya adalah nama terang beserta tanda tangan pengirim surat.

Cara Membuat Surat Permohonan

Berpedoman pada kerangka atau format surat permohonan di atas, maka kita bisa mulai membuat surat permohonan dengan cara sebagai berikut:

  1. Cara membuat surat permohonan yang pertama adalah menyiapkan kop lembaga atau instansi yang akan kita letakkan pada bagian kepala surat. Buatlah kop surat yang informatif sehingga penerima dapat dengan mudah mengetahui dari mana atau instansi apa yang mengirim surat.
  2. Tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat dengan benar. Anda bisa memposisikan bagian ini di sebelah kanan kertas ataupun di sebelah kiri.
  3. Lanjutkan dengan menulis nomor surat. Format nomor surat ini berbeda di masing-masing instansi. Sesuaikan saja dengan format yang biasa digunakan di instansi Anda.
  4. Jika surat permohonan memiliki lampiran, maka tuliskan jumlah lampirannya.
  5. Pada bagian perihal silahkan Anda isi dengan inti pokok atau maksud dari pengiriman surat.
  6. Tuliskan alamat surat yang isinya adalah nama terang atau nama jabatan pihak penerima surat.
  7. Sebelum ke bagian isi, silahkan buka surat permohonan Anda dengan salam pembuka. Contoh salam pembuka bisa Anda lihat pada bagian penjelesan mengenai format surat permohonan di atas.
  8. Lanjutkan dengan menulis bagian isi surat permohonan dengan ringkas, padat dan jelas tanpa terlalu banyak basi-basi.
  9. Terakhir silahkan tulis nama Anda atau nama orang yang bertindak sebagai pengirim surat permohonan. Jangan lupa juga untuk membubuhkan tanda tangan di atas nama pengirim.

Contoh Surat Permohonan

Sampai di sini pastinya Anda sudah bisa membuat surat permohonan. Namun agar lebih jelas, berikut kami sertakan beberapa contoh surat permohonan untuk berbagai keperluan.

Contoh Surat Permohonan Bantuan

Contoh Surat Permohonan Bantuan

Contoh Surat Permohonan Izin

Contoh Surat Permohonan Izin

Baca juga: Contoh Invoice

Contoh Surat Permohonan Dana

Contoh Surat Permohonan Dana

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Contoh Surat Permohonan Kerja

Contoh Surat Permohonan Kerja

Contoh Surat Permohonan Magang

Contoh Surat Permohonan Magang

Contoh Surat Permohonan Maaf

Contoh Surat Permohonan Maaf

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Pembayaran

Contoh Surat Permohonan Pembayaran

Contoh Surat Permohonan Cuti

Contoh Surat Permohonan Cuti

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank

Contoh Surat Permohonan Narasumber

Contoh Surat Permohonan Narasumber

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa

Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas PNS

Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas PNS

Contoh Surat Permohonan Audiensi

Contoh Surat Permohonan Audiensi

Contoh Surat Permohonan Ujian Susulan

Contoh Surat Permohonan Ujian Susulan

Contoh Surat Permohonan Mutasi

Contoh Surat Permohonan Mutasi

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening

Pada contoh surat permohonan di atas Anda mungkin menemukan beberapa surat yang di bagian kepala surat tidak memiliki kop. Hal ini biasanya karena pengirim surat permohonan bukanlah lembaga atau instansi melainkan perseorangan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa surat permohonan bisa saja tidak memiliki kop surat jika pengirimnya bukan mewakili instansi, organisasi, perusahaan , ataupun lembaga. Dan bisa disimpulkan pula bahwa keberadaan kop pada surat permohonan tidaklah wajib untuk dipenuhi.

Akhirnya semoga contoh-contoh surat permohonan di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat surat permohonan.