Contoh Surat Lamaran Kerja Dan Tips Pembuatannya

Surat lamaran pekerjaan yang kita buat dan kita kirim ke sebuah instansi atau perusahaan pembuka lowongan kerja, bisa dikatakan sebagai salah satu faktor penting yang dapat menentukan diterima atau tidaknya kita di lowongan tersebut.

Karena itu, membuat surat lamaran pekerjaan tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Melainkan harus dengan kesungguhan serta mengikuti aturan dan kaidah atau format penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Untuk memudahkan Anda para pencari kerja yang saat ini sedang mempersiapkan surat lamaran pekerjaan, di bawah ini telah kami siapkan beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda ikuti format atau redaksinya agar proses pembuatan surat lamaran dapat Anda selesaikan dengan lebih cepat.

Namun sebelum melanjutkan ke contoh surat lamaran pekerjaan, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa saja materi surat lamaran pekerjaan yang sebaiknya disertakan dalam redaksi surat lamaran, agar isi surat lamaran tidak mengambang namun sesuai dengan apa yang memang harus ada dalam surat lamaran kerja pada umumnya.

Materi Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, ada beberapa materi atau dengan kata lain unsur-unsur surat lamaran yang harus kita sertakan dalam surat lamaran pekerjaan yang kita buat. Ini bertujuan agar surat lamaran kita seperti tertulis di atas, isinya tidak keluar dari tujuan dibuatnya surat lamaran tersebut.

Nah berikut ini beberapa unsur atau materi surat lamaran pekerjaan yang perlu Anda ketahui dan fahami sebelum mulai membuat surat lamaran pekerjaan.

1. Tanggal Penulisan Surat

Unsur pertama yang harus ada dalam surat lamaran adalah tanggal surat atau tanggal penulisan surat. Anda bisa menulis tanggal pembuatan surat lamaran di posisi kanan atas ataupun kiri atas dokumen atau kertas surat. Namun biasanya, tanggal surat ini ditulis di bagian kanan atas dokumen. Isinya ialah nama daerah (tempat tinggal Anda), disertai dengan tanggal pada waktu Anda menulis surat lamaran tersebut.

Contohnya: Surakarta, 29 Juni 2019.

2. Alamat Yang Dituju

Setelah tanggal penulisan surat, unsur atau materi surat lamaran berikutnya adalah alamat tujuan surat. Isinya adalah informasi kepada siapa surat lamaran akan Anda tujukan. Misalnya jika Anda akan membuat surat lamaran pekerjaan sebagai guru, maka alamat tujuan surat ini bisa berisi nama jabatan, misalnya kepala sekolah, ketua yayasan dan nama-nama jabatan yang lainnya.

Berikut cara menulis alamat tujuan surat yang benar:

Kepada Yth:

Kepala SMP Cendekia NW Aiklomak

di –

Tempat

3. Salam Pembuka

Salam pembuka untuk surat lamaran pekerjaan bisa Anda isi dengan kalimat salam stAndar seperti “dengan hormat”, ataupun bisa juga dengan menulis kalimat salam islami apabila surat lamaran ditujukan pada pimpinan atau kepala sekolah yang bernaung di bawah pondok pesantren. Agar lebih lengkap, Anda bisa menulis salam islami terlebih dahulu kemudian disertai dengan salam stAndar di atas.

Namun jika surat lamaran akan ditujukan untuk melamar pekerjaan sebagai PNS ataupun karyawan di sebuah perusahaan, biasanya salam pembuka ini cukup diisi dengan salam stAndar “dengan hormat”.

4. Isi

Isi surat lamaran pekerjaan yang Anda buat haruslah bisa meyakinkan pembuka lowongan pekerjaan bahwa Anda benar-benar berminat dan layak untuk mengisi posisi yang mereka tawarkan.

Mulailah dengan menulis informasi mengenai dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang mereka buka, kemudian dilanjutkan dengan menulis identitas Anda seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, email, dan nomor hp.

Kemudian, tuliskan juga nama-nama berkas yang Anda lampirkan sebagai pelengkap surat lamaran. Berkas-berkas ini misalnya pas foto, fotocopy KTP, daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah terakhir, dan sertifikat-sertifikat yang bersesuaian dengan posisi yang Anda lamar.

5. Penutup

Pada bagian penutup surat lamaran pekerjaan Anda bisa memberi penegasan kepada pembuka lowongan kerja bahwa Anda sekali lagi sangat berminat pada posisi yang Anda lamar, serta memiliki kompetensi untuk bekerja di posisi tersebut.

Gunakan kata-kata yang sopan dan meyakinkan agar pemberi kerja dapat melihat kesungguhan Anda sehingga peluang Anda untuk diterima semakin besar.

6. Tanda Tangan dan Nama Pelamar

Bagian terakhir yang menjadi unsur atau materi penting surat lamaran kerja adalah tAnda tangan dan nama jelas pelamar.

Di bagian ini Anda harus menulis nama lengkap Anda dengan jelas, kemudian membubuhi tAnda tangan di atasnya.

Apabila surat lamaran dibuat dengan diketik di dokumen word misalnya, maka tAnda tangan ini bisa Anda buat dengan cara men-scan tAnda tangan Anda terlebih dahulu agar bisa dimasukkan di dokumen word.

Baca juga:  Contoh Surat Kuasa

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan bisa menjadi penentu diterima atau tidaknya Anda ketika melamar pekerjaan.

Agar surat lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan memiliki nilai jual di mata pemberi kerja, beberapa tips membuat surat lamaran kerja berikut ini bisa Anda jadikan pedoman saat membuat surat lamaran bekerja baik itu di sekolah, perusahaan, ataupun saat membuat surat lamaran kerja PNS.

1. Singkat dan Padat

Surat lamaran kerja sebisa mungkin harus Anda buat dengan kalimat yang singkat dan padat. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti, dan akan lebih baik apabila Anda tidak menggunakan istilah-istilah yang sekiranya belum banyak diketahui orang-orang.

2. Hidari Typo dan Coretan

Ingatlah bahwa tulisan Anda di surat lamaran akan dinilai oleh pihak pemberi kerja. Kerapian dan ketelitian Anda bisa dinilai hanya dengan membaca surat lamaran kerja yang Anda kirimkan. Jadi, jangan sampai ada typo ataupun bekas coretan apabila surat lamaran dibuat dengan tulis tangan.

Untuk menghindari typo, sebelum mulai menulis setiap kata, sebaiknya Anda ingat dan ketahui betul apa saja huruf yang membentuk sebuah kata.

Kemudian untuk menghindari kesalahan penulisan jika surat lamaran ditulis dengan tangan, maka berhati-hatilah saat merangkai kata di atas kertas, teliti dan jangan terburu-buru.

3. Gunakan EYD dan Aturan Dari Pemberi Kerja

Kadang perusahaan yang membuka lowongan kerja juga membuat aturan atau format surat lamaran khusus yang harus diikuti oleh semua pelamar.

Jika Anda menemukan lowongan kerja dari perusahaan yang sepeti itu, maka bacalah dengan seksama format atau aturan yang mereka inginkan, kemudian terapkan saat Anda menulis surat lamaran.

Selain itu, dalam membuat surat lamaran kerja Anda juga harus menggunakan kata atau aturan yang ada dalam ejaan yang disempurnakan (EYD). Surat lamaran kerja adalah jenis surat formal yang penulisannya juga harus mengikuti kaidah-kaidah yang ada dalam EYD.

4. Tunjukkan Kelebihan Diri

Dengan bahasa yang sopan dan santun, di dalam surat lamaran Anda bisa menunjukkan kelebihan yang Anda miliki sehingga layak untuk mengisi posisi atau lowongan yang sedang ditawarkan.

Kelebihan diri bisa Anda buktikan dengan melampirkan sebanyak-banyaknya sertifikat yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar.

5. Jangan Terbiasa Copy Paste Dari Internet

Contoh surat lamaran kerja bisa Anda temukan dengan sangat melimpah di internet. Bagi yang malas menulis, biasanya akan membuat surat lamaran dengan menjiplak utuh contoh surat lamaran pekerjaan yang ia temukan di internet.

Sekilas hal ini memang sangat memudahkan. Namun ingat, ini bukanlah langkah yang tepat apabila Anda memang benar-benar ingin diterima.

Sebaliknya, akan lebih baik jika Anda menulis sendiri surat lamaran dengan gaya bahasa Anda sendiri. Ini tentunya secara tidak langsung akan menunjukkan kemampuan dan ciri khas Anda kepada pihak pemberi kerja.

Jikapun harus berpedoman pada contoh surat lamaran kerja yang Anda download dari internet, maka jadikanlah itu sebagai pembanding saja untuk melihat kekurangan dari surat lamaran yang Anda buat.

Simak: contoh surat pengunduran diri lengkap

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Dengan semakin canggihnya teknologi, kini surat lamaran pekerjaan bisa Anda buat dan kirim via email. Rekruter atau pembuka lowongan kerja pun saat ini sudah mulai menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman dan menerima surat lamaran lewat email.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara membuat surat lamaran kerja via email, Anda bisa mengikuti tips dan langkah-langkah berikut ini.

1. Buat Email Pribadi Dengan Nama asli Anda

Buat dan kirim surat lamaran pekerjaan dengan alamat email yang sesuai dengan nama asli Anda. Jangan sampai menggunakan email yang asal-asalan dan terkesan tidak professional.

Saat ini ada banyak layanan email gratis yang bisa digunakan untuk membuat dan mengirim surat lamaran kerja. Misalnya jika Anda membuat email di GMAIL, maka Anda bisa membuat email dengan format: nama_depan_Anda.nama_tengah.nama_belakang@gmail.com.

2. Gunakan Subject dan Judul Email Yang Jelas

Buatlah subject dan judul email yang menunjukkan tujuan dari email yang Anda kirim. Dalam kasus membuat surat lamaran kerja via email, maka format subject dan judul email yang bisa Anda gunakan misalnya: surat lamaran kerja-guru olahraga (Muhammad Iqbal).

3. Tuliskan Isi Surat Lamaran Anda Dengan Singkat Padat dan Mengikuti EYD

Seperti yang telah ditulis di atas bahwasanya surat lamaran kerja sebaiknya Anda tulis dengan isi yang singkat padat serta mengikuti aturan EYD. Tidak perlu berbelit-belit apalagi sampai membuat surat lamaran via email sepanjang dua halaman.

4. Jangan Lupa Dokumen Lampiran

Dokumen pelengkap surat lamaran seperti fotocopy KTP, ijazah, pas foto, dan dokumen lainnya jangan sampai Anda lupakan. Agar bisa dilampirkannya bersama email, maka Anda terlebih dahulu harus men-scan dokumen-dokumen tersebut menggunakan scanner.

Khusus untuk dokumen berbentuk dokumen word, misalnya dokumen data diri, Anda bisa membuatnya ke dalam bentuk pdf agar format penulisannya tidak berubah.

Lalu agar dokumen-dokumen tersebut lebih rapi, satukan saja semuanya dalam file berbentuk rar. Ini juga penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan file terjangkiti virus.

5. Kirim Email Lamaran Kerja Anda Saat Jam Kerja

Ini merupakan hal sepele namun bisa berakibat fatal apabila tidak diperhatikan. Agar email lamaran kerja Anda langsung dibaca oleh bagian administrasi, maka lakukan pengiriman surat lamaran kerja via email hanya pada waktu jam kerja.

Jika Anda mengirim email lamaran di luar jam kerja, dikhawatirkan email Anda tidak terbaca karena tertimpa email dari pelamar lain.

Baca juga: Contoh CV lengkap beserta tips

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan panduan dalam membuat surat lamaran kerja Anda sendiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
contoh surat lamaran kerja bahasa inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

contoh surat lamaran kerja umum
contoh surat lamaran kerja umum

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar
contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh surat lamaran kerja tulis tangan
contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

contoh surat lamaran kerja via email
contoh surat lamaran kerja via email

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

contoh surat lamaran kerja guru
contoh surat lamaran kerja guru

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

contoh surat lamaran kerja di pt
contoh surat lamaran kerja di pt

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

contoh surat lamaran kerja di bank
contoh surat lamaran kerja di bank

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

contoh surat lamaran kerja cpns
contoh surat lamaran kerja cpns

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Menurut EYD

contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar menurut eyd.com
contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar menurut eyd.com

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

contoh surat lamaran kerja di rumah sakit
contoh surat lamaran kerja di rumah sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris fresh graduate
contoh surat lamaran kerja bahasa inggris fresh graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

contoh surat lamaran kerja di hotel
contoh surat lamaran kerja di hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen

contoh surat lamaran kerja dosen
contoh surat lamaran kerja dosen

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

contoh surat lamaran kerja sederhana
contoh surat lamaran kerja sederhana

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

contoh surat lamaran kerja perawat
contoh surat lamaran kerja perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret

contoh surat lamaran kerja indomaret
contoh surat lamaran kerja indomaret

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan

contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan
contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan

Contoh Surat Lamaran Kerja ke Sekolah

contoh surat lamaran kerja ke sekolah
contoh surat lamaran kerja ke sekolah

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Job Fair

contoh surat lamaran kerja untuk job fair
contoh surat lamaran kerja untuk job fair

Semoga artikel ini berguna untuk anda.