Contoh CV Lengkap Beserta Tips

By

CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu hal yang sangat menentukan diterima atau tidaknya Anda ketika melamar pekerjaan. Mengetahui cara membuat CV atau menemukan contoh cv yang baik dan menarik merupakan keharusan agar Anda tidak keliru saat membuat CV.

Nah bagi Anda yang saat ini belum mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat daftar riwayat hidup atau cv yang akan digunakan melamar kerja, berikut ini akan kami ulas secara lengkap dan mendalam mengenai cara membuat CV beserta contoh CV yang bisa Anda temukan di bagian akhir artikel ini.

Namun sebelum itu, mari sama-sama kita fahami dulu apa itu CV dan apa fungsi dari CV itu sendiri.

Apa itu CV dan Fungsinya

Bersama berkas-berkas lainnya, curriculum vitae (CV) adalah pelengkap surat lamaran yang sangat penting. Ia bisa menjadi gerbang pertama yang akan membuka kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpi-impikan. Jika daftar riwayat hidup atau CV Anda lengkap dan menarik, besar kemungkinan pihak pembuka lowongan kerja akan memanggil Anda untuk mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya dalam proses rekruitmen yang mereka adakan.

Nah apa sih sebenarnya CV itu?

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang memuat data diri seseorang, mulai dari nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, beserta data-data lainnya termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja bagi yang pernah bekerja.

Sementara mengenai fungsinya, CV biasanya dibuat sebagai pelengkap surat lamaran pekerjaan dengan tujuan untuk memudahkan rekruiter dalam mengenali setiap pelamar berdasarkan data diri yang termuat di dalam CV mereka masing-masing.

Dari CV ini, rekruiter nantinya bisa membandingkan kualitas setiap pelamar dengan hanya membaca CV mereka, kerapian, pendidikan, sampai tingkat profesionalisme para pelamar pun bisa diketahui oleh HRD dari CV tersebut.

Begitu pentingnya keberadaan CV ini membuat para pencari kerja yang akan mengajukan lamaran pekerjaan memang harus mengetahui bagaimana cara membuat CV yang benar. Meskipun isinya hanya daftar riwayat hidup, namun meluangkan waktu yang cukup dan konsentrasi penuh saat membuat CV sangat layak untuk dilakukan agar lamaran kerja Anda tidak sia-sia.

Berikut ini akan kami paparkan secara lengkap cara membuat CV bagi Anda yang masih fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman, agar CV yang Anda buat bisa menarik perhatian HRD.

Membuat CV bukanlah pekerjaan yang sulit, namun sama seperti cara membuat surat lamaran kerja, sebelum membuat CV kita sebaiknya mengetahui dulu unsur apa saja yang harus ada dalam sebuah CV atau daftar riwayat hidup.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja

Data Yang Harus Ada di Dalam CV

1. Data Diri

Hal pertama yang harus ada dalam sebuah CV adalah data diri pribadi Anda seperti nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor hp, alamat email, dan data-data diri lainnya.

Yang perlu diperhatikan ketika menulis data diri ini adalah pastikan bahwa data yang Anda tuliskan sudah lengkap dan valid, misalnya dengan berpatokan pada data diri yang ada di KTP, ijazah ataupun kartu keluarga (KK).

2. Riwayat Pendidikan

Berikutnya adalah riwayat pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai jejang pendidikan terakhir yang sudah Anda tempuh.

Tuliskan nama-nama sekolah atau perguruan tinggi tempat Anda menimba ilmu, beserta gelar akademik yang Anda raih.

3. Pengalaman Kerja

Kemudian bagi yang pernah bekerja, Anda juga perlu menuliskan pengalaman kerja Anda di tempat lain pada CV yang Anda buat.

Tuliskan secara detail posisi atau jabatan apa saja yang pernah Anda duduki di instansi atau perusahaan sebelumnya, bila perlu lengkap dengan deskripsi perkerjaan Anda di sana.

4. Referensi

Yang terakhir agar CV Anda lebih meyakinkan, Anda juga perlu menyantumkan daftar alamat atau nomor kontak pihak-pihak terkait yang bisa dijadikan referensi oleh rekruiter. Tujuannya adalah jika rekruiter tidak yakin dengan data yang ada di dalam CV, mereka bisa menghubungi orang-orang yang ada dalam daftar referensi ini untuk menanyakan kebenaran data-data tersebut.

Setelah mengetahui unsur atau data apa saja yang harus ada di dalam sebuah CV, selanjutnya Anda bisa mulai membuat CV dengan mengikuti langkah-langkah membuat CV berikut ini.

Simak: contoh surat kuasa lengkap

Cara Membuat CV Yang Menarik

Membuat CV sangatlah mudah. Anda hanya perlu menuliskan data diri dan data pendukung lainnya seperti yang telah kami tulis di atas. Namun sebelum membuat CV, sebaiknya Anda juga sudah mendapatkan target lowongan pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang Anda miliki agar CV Anda nantinya relevan dengan lowongan kerja yang akan dilamar.

Selain itu, sebelum membuat CV Anda juga perlu untuk melihat dan mempelajari contoh-contoh CV orang lain agar Anda bisa membandingkan sekaligus mencari sesuatu yang sekiranya bisa membedakan CV yang Anda buat dengan CV orang lain. Jika Anda mampu memberi sentuhan yang bisa menjadikan CV Anda memiliki nilai lebih, maka besar kemungkinan lamaran kerja yang Anda ajukan akan berjalan mulus.

Berikut ini cara membuat CV yang benar dan menarik:

  1. Mulailah dengan menulis semua identitas pribadi Anda dengan lengkap dan valid berdasarkan KTP, ijazah atau KK.
  2. Lanjutkan dengan menuliskan riwayat pendidikan yang sudah Anda tempuh mulai dari SD sampai perguruan tinggi, lengkap dengan gelar akademik yang sudah Anda peroleh.
  3. Jika Anda memiliki keahlian mengoperasikan komputer atau mahir berbahasa inggris, maka jangan lupa juga untuk menuliskannya. Ini bisa menjadi nilai tambah yang akan membuat HRD kepincut dan memilih Anda untuk lanjut ke proses berikutnya.
  4. Apabila sebelumnya Anda pernah bekerja di tempat lain, maka tuliskan pula pengalaman kerja Anda di tempat tersebut. Tuliskan posisi apa saja yang pernah Anda tempati, beserta deskripsi pekerjaan yang menjadi rutinitas Anda sehari-hari. Jika mungkin dan memang memilikinya, Anda juga perlu untuk mencantumkan sertifikat atau bukti penghargaan lain yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini.
  5. Selain setifikat atau bukti penghargaan, jika pernah Anda juga perlu menuliskan pelatihan atau workshop apa saja yang pernah Anda ikuti, lagi-lagi tentunya yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan Anda lamar.

Setelah CV Anda selesai dibuat, jangan terburu-buru untuk mencetaknya. Pastikan dulu semua data yang Anda tuliskan sudah benar dan tidak ada kesalahan sedikitpun baik itu salah ketik apalagi salah data. Baca lagi CV Anda dari awal dan perbaiki kesalahan yang ada.

Langkah terakhir agar Anda yakin bahwa CV yang Anda buat sudah benar dan menarik, coba minta pertolongan teman atau saudara Anda untuk menilai CV tersebut. Mintalah agar ia memberikan penilaian secara objektif seolah ia adalah HRD yang nanti akan membaca CV Anda. Jika pada akhirnya teman atau saudara yang membaca CV Anda memberi penilaian yang bagus, maka itu artinya CV Anda sudah siap untuk menjadi pelengkap surat lamaran Anda.

Baca juga: Contoh surat pengunduran diri

Membuat CV Online

Selain membuat CV secara manual dengan media kertas ataupun diketik di dokumen word, CV juga bisa dibuat secara online dengan memanfaatkan situs-sutus pembuat CV online atau situs penyedia template CV.

Saat ini ada banyak sekali situs CV online gratis yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan CV berbagai bentuk dengan desain yang menarik dan kreatif. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat CV atau daftar riwayat hidup secara online, berikut ini list situs CV online yang bisa Anda gunakan.

1. Resume.io

Situs pertama yang bisa digunakan untuk membuat cv secara online adalah situs resume.io. Di situs ini Anda bisa memilih berbagai bentuk template CV minimalis kemudian menambahkan data-data yang diperlukan pada fields yang tersedia.

Selain membuat CV, situs ini juga bisa melakukan tracking yang bermanfaat jika Anda ingin mengetahui siapa saja yang sudah melihat CV yang Anda buat.

2. VisualCV

Template CV yang tersedia di situs ini lebih beragam dan desainnya cukup menarik. Selain bisa digunakan ssecara gratis, visualCV juga menyediakan fitur premium dengan fasilitas yang editing CV yang lebih lengkap.

3. Uptowork

Jika Anda menginginkan proses pembuatan CV yang cepat sekaligus menarik, maka situs cv online yang satu ini sangat layak untuk dicoba.

Uptowork saat ini hanya tersedia dalam versi berbayar yang artinya Anda harus rela mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakannya.

Template-template CV yang disediakan sangat menarik dan professional, jadi meskipun berbayar, namun CV yang akan Anda hasilkan dari situs ini dijamin tidak akan mengecewakan.

4. CV Maker

Kelebihan CV maker dari situs cv online lain adalah tersedianya banyak sekali template CV yang bisa digunakan secara gratis. Meskipun template-template yang ada masih tergolong sederhana, namun semuanya sudah cukup memenuhi kriteria untuk disebut sebagai CV yang baik. Di situs ini Anda bisa mencoba tak kurang dari 2 juta template CV siap pakai.

5. ResumeUP

Jika Anda membutuhkan desain CV yang menarik dan kreatif, misalnya yang menyajikan data dalam bentuk grafik atau ikon-ikon, maka Anda bisa mendapatkannya di situs cv online resumeUp.

Selain template CV kreatif, resumeUP juga menyediakan template CV berdesain formal yang bisa dibuat dan digunakan untuk melengkapi surat lamaran kerja di instansi-instansi formal.

Contoh CV

Setelah mengetahui apa itu CV dan cara membuat CV baik manual maupun online, selanjutnya Anda bisa melihat dan menjadikan contoh-contoh CV di bawah ini sebagai panduan membuat CV, ataupun pembanding dari CV yang sedang Anda buat.

Contoh CV Menarik

Contoh CV Menarik 3

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh CV Kreatif

Contoh CV Kreatif

Contoh CV Mahasiswa

Contoh CV Mahasiswa

Contoh CV Menarik Untuk Fresh Graduate

Contoh CV Menarik Untuk Fresh Graduate

Contoh CV Bahasa Indonesia

Contoh CV Bahasa Indonesia

Contoh CV Bidan

Contoh CV Bidan

Contoh CV Formal

Contoh CV Formal

Contoh CV Unik

Contoh CV Unik

Contoh CV Pelaut

Contoh CV Pelaut

Contoh CV Profesional

Contoh CV Profesional

Contoh CV Tulis Tangan

Contoh CV Tulis Tangan 1

Contoh CV Programmer

Contoh CV Programmer

Contoh CV Magang Mahasiswa

Contoh CV Magang Mahasiswa 1

Contoh CV Dokter

Contoh CV Dokter 1

Contoh CV Modern

Contoh CV Modern 1

Contoh CV Beasiswa

Contoh CV Beasiswa 2

Contoh CV Perawat

Contoh CV Perawat

Contoh CV Guru

Contoh CV Guru 1

Demikianlah beberapa contoh CV untuk melamar kerja ataupun keperluan lainnya yang bisa Anda jadikan panduan ataupun pembanding daftar riwayat hidup yang sedang Anda buat saat ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan referensi pengetahuan Anda.

Leave a Comment