Bagaimana cara membuka file PNG?

PNG adalah jenis atau format file gambar yang populer digunakan di dunia untuk menyimpan jenis gambar raster. PNG merupakan singkatan dari Protable Graphics Format dan dikembangkan untuk menggantikan format gambar GIF.

Secara umum, semua software pembuka gambar bisa digunakan untuk membuka file PNG. Jadi anda tidak akan merasa kesulitan. Format PNG juga di dukung oleh semua perangkat. Baik komputer, laptop, smartphone, ataupun tablet.

cara membuka file png
cara membuka file png

Cara membuka file PNG di Windows

  1. Siapkan file PNG yang mau anda buka.
  2. Double klik atau klik dua kali pada file PNG tersebut.
  3. Secara otomatis file PNG akan dibuka oleh software pembaca gambar yang anda gunakan secara default.
  4. Jika tidak terbuka otomatis, klik kanan pada file PNG lalu pilih menu Open with.
  5. Pada menu yang muncul, pilih program yang mau anda gunakan untuk membuka PNG.
  6. Bisa juga klik menu Choose another apps, nanti muncul daftar software lebih lengkap.
  7. Pilih software sesuai keinginan anda.

Software untuk membuka file PNG

Pada umumnya, setiap software gambar bisa membuka file PNG. Di bawah ini saya tuliskan alternatif software pembuka gambar yang bisa anda gunakan gratis.

1. Irfanview

Irfanview adalah salah satu software pembaca gambar freeware yang populer. Anda bisa download dan install gratis tanpa harus bayar. Irfanview bisa dikatakan sebagai salah satu software populer.

Tampilannya memang terlihat sederhana. Namun fungsinya cukup lengkap. Selain itu selalu di update oleh developernya.

Situs irfanview

2. Wildbit Viewer

Wildbit Viewer adalah software image viewer gratis. Tidak cuma untuk membuka file gambar, tapi juga bisa dipakai sebagai editor sederhana. Anda juga bisa membuat slideshow gratis dengan software ini.

Situs Wildbit Viewer

3. XnView

XNview juga dikenal sebagai software penampil gambar yang populer. XnView mendukung beragam format image. Tampilannya mirip seperti window explorer, jadi anda akan cepat terbiasa.

Situs XnView

4. Fastone Image Viewer

Jika ingin software penampil gambar yang ringan, bisa pilih Fastone image viewer. Software yang satu ini ringan dan tidak membebani PC anda. Dari segi fitur dan dukungan gambar, tidak kalah dengan software lainnya.

Situs Fastone

Penutup

Setelah membaca artikel ini, anda tidak akan kesulitan lagi bagaimana cara membuka file PNG. Selain itu, ada pilihan alternatif software pembuka gambar gratis yang bisa anda gunakan.

Demikan informasi seputar file PNG ini, semoga bermanfaat